TSA0TUrpGpr6BSzoTUzpGfGpTi==

Upaya Memakmurkan Masjid, Warga Tanjung Majid Dorong Peningkatan Kepengurusan

Pengurus Masjid Al Mukmin Tanjung Majid

Picmotivnews, Palembang– Ustadz Restan selaku ketua pengurus Masjid bersama panitia melalui undangan mengadakan rapat Pembaharuan pengurus Masjid, di dalam masjid Masjid Al Mukmin daerah Tanjung Majid, Tanjung Barangan Kota Palembang, Sabtu (18/5/2024)

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pak RT 19 dan Warga yang telah hadir memenuhi undangan, pada tahun ini kita memasuki Rapat Kedua kepengurusan Masjid Al-Mukmin untuk dibentuk kepengurusan yang baru, dan muda-mudahan yang hadir malam ini dapat memberikan kontribusi, solusi dan berpartisipasi seingga menjadikan hasil yang maksimal”, kata Restan 

Ketua Pengurus Ustadz Restanadi, S.AP menyebut, tujuan kegiatan kepengurusan ini antara lain untuk meningkatkan kesejahteraan masjid melalui peningkatan manajemen, kemakmuran dan pemeliharaan, serta meningkatkan pemahaman dan peningkatan kompetensi SDM pengurus masjid.

Pemilihan atau pembaharuan pengurus masjid Al-Mukmin, atas dasar inisiatif jamaah seperti pak taslim, bang jali, Pak Kamil, Pak Hilaludin, Pak Aritonga dan seluruh warga perumahan Jl. Tanjung majid. 

Ustadz Restan menambahkan Tujuan saya menyampaikan hal ini saya tidak ada niat untuk mencari bumbu, tidak ada niat untuk mencari nama tidak ada ingin menjadi terkenal dan tidak ada banyak yang negatif-negatif lainnya tentu saja saya hadirkan semua dengan niat bersih lillahi ta'ala, supaya terus maju karena kita ingin mengajarkan agama Allah, dan kekurangan-kekurangan selama ini pastinya sangat banyak sekali yang pastinya mulai dari tindakan, mungkin dari cakap berbicara ya? kemudian etika dan lain-lain.

"Maka dari itu pada malam hari ini Ayo kita sama-sama memutuskan permusyawarahan supaya di tahun 2024 menuju tahun 2027 yang akan datang masjid ini sudah bisa menjadi masjid yang makmur dan bisa merangkul seluruh lapisan masyarakat jamaah kaum muslimin dan muslimat yang berada di sekitar sini dan beberapa perumahan lainnya sehingga masjid kita dapat produktif  dan Harapan dari Rapat ini semoga masjid kita bisa menjadi lebih baik dari 3 tahun belakang," imbuhnya.

Jama'ah Masjid Almukmin Tanjung Majid, Tanjung Barangan

"Sebelum Kita mengundang bapak-bapak sekalian untuk pembentukan ataupun menginformasikan untuk kepengurusan masjid yang baru ini dulu kita sudah mulai dan ingin mendaftarkan Masjid Al Mukmin ke kementerian Agama kota Palembang cuma terkendala di waktu itu absen yang kita buat di saat pemilihan pertama itu hilang yang ke 2 kepengurusannya tidak lengkap, dan kendala ke 3 irma kita belum ada sehingga sangat byk sekali kekurangan syaratnya. Maaf jadi Ini atas keterbatasan kita semua disini. Jadi kalau bisa jangan salahkan sana sini. Namun malam ini kita coba musyawarahkan," lanjutnya. 

“Untuk mewujudkan program tersebut, kami pengurus berharap dan mengajak kepada bapak-bapak semua untuk ikut berperan aktif menyukseskan program memakmurkan masjid kita ini yang nantinya terkelola dengan baik dan terdaftar pada aplikasi simas.kemenag.go.id,” ujar Restan di dalam masjid

"Saya juga berencana untuk mendaftarkan badan zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF) kita ke BAZNAS kota palembang untuk masjid kita. Contoh saat kita zakat fitra, infak sodakoh dll. Kita juga berhak mengambil infak sodakoh misal 20 persen maksimal. Jika Ziswaf masjid kita sudah tersertifikasi dan terdaftar maka berhak pengelola mendapatkannya" jelasnya

Dilanjutkan sambutan oleh Pak RT 19 yaitu warga asli kawasan tanjung barangan, beliau mengatakan "Dengan dibentuknya kembali atau pembaharuan susunan-susunan kepengurusan masjid yang baru, semoga bisa menjadikan masjid kita ini menjadi ramai, terus terang dulu masjid kita ini sangat sepi karena memang belum ada dibangun perumahan sebanyak ini,"(ujar pak RT)

Pak RT Kawasan Tanjung Majid beri sambutan

Rapat diikuti sekitar 80 peserta yang merupakan pengurus dan warga perumahan. Adapun yang berkesempatan hadir dalam acara ini selain pengurus Masjid diantaranya ada Pak RT 19, Pak RW dan juga seluruh jama'ah di 7 (tujuh) perumahan sekitar kawasan Tanjung Majid yaitu Perumahan Palem Srigading Indah 4, Barangan View, Barangan Residence, Karisma Griya 1, Barangan Indah, Royyan Mulya, dan Perumahan Surya Akbar Gemilang. 

Pak Kamiludin Bendahara Masjid AlMukmin

Pak kamil bendahara masjid menyampaikan laporan keuangan selama 3 tahun bekerja yang pada malam hari ini kita adakan pembaharuan, mulai tahun 2021-2024 dana total yang terkumpul yaitu sebesar Rp.178.688.400,-

"Dan setiap jumat Rp.400.000,- kita kekuarkan. Kemudian untuk Token listrik dalam 3 tahun ini rata-rata pengeluaran Rp.300.000,-/bulan, namun pernah juga kita bayar Token listrik 400 ribuan Total dana habis sekitar 12jt 600an," ungkapnya.

"Selanjutnya kita bangun tempat wudu,  toilet, beli kipas angin, bangun Tiang Tower untuk tandon air, cor lantai halaman masjid, beli tedmon dan upah tukang total Rp.111,467,000,- sehingga total pengeluaran kita selama 3 tahun yaitu sebesar Rp.176,067,400. dari total tersebut dikurang seluruh kebutuhan sisa saldo terkini yaitu Rp.2,021,000," katanya.

"Selamo ini kito belum ado nian ketuo bangunan, jadi agak repot pak! yo harapannyo dan memang harus kito bentuk segera sih,"(imbuhnya)

Adapun dibawah ini Struktur Kepengurusan Masjid Al Mukmin Terpilih yang bisa redaksi picmotiv rangkum yaitu:

Pelindung Ketua RT 19
Dewan Pembina (Penasehat);
1. Bapak H. Haditongat
2. Bapak H. Hilaludin
2. Bapak H. Iskandar

Ketua  Masjid Ust. Restanadi
Wakil Ketua Bapak Safani
Sekretaris Asef Abubakar
Bendahara Pak Kamil
Ketua Seksi Pendidikan Syahrir Rozi
Ketua Seksi Peribadatan:
- Ust. Syarif
- Sazili Mustofa
- Rusniyadi

Ketua Seksi Humas & Lembaga:
- Ahmad Tohir
- Erzali

Ketua Seksi Perlengkapan Bapak Jaka
Ketua Bangunan Bapak Udin
Seksi Pembinaan Wanita;
Ketua Seksi Pemuda & Remaja Masjid:
- Riki Saputra
- M. Riyadi

Badan Ziswaf (Zakat, Infaq, Shodaqah dan Wakaf)

"Selain bidang yang ada nantinya harus ada penambahan bidang pemeliharaan dan kebersihan beserta anggota jadi tidak hanya satu orang saja, supaya kegiatan yang ada di Masjid ini bisa terlaksana dengan cepat dan bisa menjadi perkumpulan yang baik buat kita semua," (tutup pak kamil).

Komentar0

Type above and press Enter to search.