TSA0TUrpGpr6BSzoTUzpGfGpTi==

Elon Musk Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink Indonesia

Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali, pada Minggu (19/5/2024) pagi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO SpaceX dan CEO Tesla Inc. Elon Musk. (Dokumentasi dari Kantor Humas Kemenko Marves)
Picmotivnews, Bali - Elon Musk, CEO perusahaan satelit SpaceX, perusahaan mobil listrik Tesla, dan pemilik platform media sosial berbasis teks X, akan tiba di Indonesia pada hari Minggu, 19 Mei 2024. Ini diposting oleh Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), di akun Instagram resminya dengan handle @luhut.pandjaitan. 

Elon Musk tiba di Denpasar, Bali, menurut postingan terbaru Luhut. Sebagaimana dikutip oleh KompasTekno dari akun Instagram @luhut.pandjaitan pada Minggu (19/5/2024), "Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama disini dan tentunya beberapa kerjasama penting.".

Menurut Luhut, Elon Musk datang ke Bali untuk memenuhi undangan perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10. WWF adalah acara yang sepenuhnya membahas tentang lingkungan, kebersihan dan konservasi air, energi dan pangan, dan lain sebagainya.

Elon Musk, kata Luhut, akan berbicara tentang sejumlah proyek penting dengan pemerintah Indonesia selain menghadiri acara WWF. Selain itu, Luhut menyatakan bahwa Elon Musk akan berkolaborasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan peluncuran internet satelit buatan perusahaannya, Starlink.

"Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden @jokowi (Joko Widodo) hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali." Kabarnya Elon Musk akan ditemani oleh sejumlah menteri, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Presiden Jokowi dan Luhut juga akan hadir.

Terkait Starlink, Luhut mengatakan peluncuran layanan internet via satelit ini cukup penting bagi Indonesia. Sebab, kehadiran Starlink dapat membantu mengakselerasi tranformasi digital, dengan cara menyediakan sinyal internet ke sejumlah pelosok negeri yang belum kebagian akses internet. 

"Melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat," ujar Luhut.  "Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan," jelas Luhut.

Tertunda berkali-kali 

Beberapa kali dilaporkan bahwa Elon Musk akan mengunjungi Indonesia. Kabar itu belum pernah terjadi. Elon Musk dijadwalkan hadir di sesi "Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation" B20 Summit Indonesia 2022 di Bali pada November 2022 lalu.

Kemudian, pada Agustus 2023 lalu, Luhut menyatakan bahwa Elon Musk akan datang ke Indonesia dari September hingga Oktober 2023. Dilaporkan bahwa tujuan dari kunjungan Elon Musk ke Indonesia adalah untuk membahas investasi, pembuatan baterai lithium, dan kolaborasi dengan pemerintah dengan Starlink untuk memberikan akses internet ke layanan kesehatan di daerah pedesaan terpencil.(red)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com pada 19/05/2024, 09:34 WIB dengan judul "Elon Musk Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink di Indonesia"

Komentar0

Type above and press Enter to search.