TSA0TUrpGpr6BSzoTUzpGfGpTi==

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Minum Teh no 14 Anjuran Nabi

Ibu tua yang memiliki putri dewasa yang duduk di sofa dan memegang minum teh di rumah. Foto:doc/istockphoto

Salam Pemirsa, admin sudah lama tidak memberikan update. Sekarang saya akan membahas minuman teh, yang disukai oleh semua orang. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat meminumnya.Oke, kita akan memeriksanya.

          1. Jangan minum teh saat perut kosong.
Aturan ini berasal dari Cina kuno yang mengatakan bahwa tidak baik minum teh saat perut kosong. Minum teh, terutama yang sangat panas atau sangat dingin, dapat mengubah suhu perut secara dramatis dan menyebabkan efek samping yang buruk.

          2. Jangan minum teh yang terlalu panas.
Teh panas mengganggu tenggorokan, kerongkongan, dan perut. Konsumsi teh yang terlalu panas secara teratur dapat menyebabkan perubahan fatal pada tubuh, terutama dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Suhu teh idealnya tidak lebih dari 56 derajat Celcius, kata ilmuwan.

         3. Jangan minum teh yang terlalu dingin.
Meskipun teh hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan, teh dingin dapat menyebabkan flu atau demam dan batuk.

        4. Jangan minum teh yang berasa kuat.
Migrain dan insomnia (tidak bisa tidur) dapat disebabkan oleh teh yang mengandung terlalu banyak tannin atau kafein.

       5. Jangan memasak teh terlalu lama.
Teh yang dimasak terlalu lama akan menghasilkan polipenol melalui proses oksidasi, yang membuatnya tidak transparan, beraroma, dan kurang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, vitaminnya akan berkurang secara signifikan. Jenis daun teh berbeda, jadi masak teh hanya untuk beberapa saat.

      6. Jangan memasak teh beberapa kali.
Saat memasak pertama kali, akan didapatkan 50-60% dari zat teh yang berguna. Pada saat memasak untuk kedua kalinya, zat yag didapat hanya 30%, dan saat ketiga kalinya, malah akan didapatkan zat yang berbahaya. 
Air yang terlalu panas dapat merusak rasa teh dan menyebabkan daun teh terlalu terbakar. Idealnya, suhu air untuk menyeduh teh berkisar antara 75-85 derajat Celsius.

Sistem Ekskresi Manusia, Foto: doc/umsu.ac.id


      7. Jangan minum teh tepat sesaat sebelum makan.
Pengenceran air liur, kehilangan selera makan, dan masalah pencernaan dapat terjadi jika Anda minum teh 30 menit sebelum makan.

      8.Jangan minum teh tepat sesaat sesudah makan. 
Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan mempengaruhi keseluruhan fungsi pencernaan. Lebih baik minum teh 20-30 menit setelah makan.

      9. Jangan minum obat dengan teh.
Semua jenis teh mengandung tannin yang tinggi, yang berdampak negatif pada pencernaan obat. Menurut praktisi pengobatan dan terapi Cina kuno, teh menghancurkan obat.

10. Jangan minum teh kemarin.
Teh seperti itu sudah kehilangan sebagian besar nutrisi dan merupakan sarang yang ideal bagi bakteri. Karena itu, teh kemarin hanya dapat digunakan untuk pengobatan luar

11. Jangan Menambahkan Gula Berlebihan

Menambahkan terlalu banyak gula ke dalam teh bisa mengurangi manfaat kesehatannya. Gula berlebihan juga bisa meningkatkan kadar kalori dalam minuman.

12. Jangan Menggunakan Sendok Logam

Mengaduk teh dengan sendok logam bisa mengubah rasa dan aroma teh. Sebaiknya gunakan sendok plastik atau kayu.

13. Hindari Minum Teh Terlalu Banyak pada Malam Hari

Teh mengandung kafein, yang bisa mengganggu tidur jika dikonsumsi terlalu banyak, terutama di malam hari. Pilihlah teh herbal atau rendah kafein jika ingin minum teh sebelum tidur.

14. Jangan Minum Teh Sambil Berdiri

Minum teh sambil berdiri bisa menyebabkan masalah pencernaan. Lebih baik duduk dan nikmati teh dengan tenang.
Jika seseorang minum dan makan sambil duduk, mereka akan lebih sehat, selamat, dan sopan karena makanan akan melalui dinding usus mereka dengan perlahan dan lembut.

Minum sambil berdiri, Foto: doc/istockphoto

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)

bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Rahasia Medis

Jika seseorang minum dan makan sambil duduk, mereka akan lebih sehat, selamat, dan sopan karena makanan akan melalui usus mereka dengan perlahan dan lembut. Jika Anda minum sambil berdiri, cairan akan jatuh ke usus dan menabraknya dengan keras. Jika ini terjadi berulang kali dalam waktu yang lama, usus akan melar dan jatuh, yang menyebabkan Anda pernah minum sambil pencernaan Anda tidak berfungsi. 

Adapun Rasulullah berdiri, maka itu dikarenakan ada sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia pada tempat-tempat suci, bukan merupakan kebiasaan. Ingat hanya sekali karena darurat!

Dengan mengingat hal-hal ini, Anda dapat menikmati secangkir teh dengan lebih menyenangkan dan memaksimalkan manfaatnya. (red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.